Permainan Jam Dinding

Permainan matematika jam dinding

Permainan Jam Dinding

Suatu sore, Tono yang kelas 3 SD bertanya kepada Dina, kakaknya. “Kak Dina, sekarang pukul berapa? aku mau minta ajari mengerjakan PR matematika dong….” Dina yang sedang asyik membaca kemudian menjawab, “Pukul 16.00 dek, di jam dinding kan ada. . .Tapi ngomong-ngomong soal jam dan matematika, kakak ada permainan neh mau gak?” kemudian terjadilah obrolan antara Dina dan adiknya…

Dina : “Tono udah bisa membaca jam dan hitungan matematika kan? Coba, sekarang Tono pikirkan salah satu angka pada jam dinding itu!”

Tono : sambil berpikir sebentar, “Udah kak, terus…?”

Dina : “Sekarang, perhatikan angka yang ada diseberang angka yang dipikirkan tadi. Misalnya kalau tadi angka yang dipikirkan adalah 5, maka angka diseberangnya adalah 11. Kurangkanlah angka yang lebih besar dengan angka yang lebih kecil….”

Tono : “Udah kak, apa lagi?” jawab Tono tak sabar.

Dina : “Kalikan hasil pengurangan tadi dengan 3, kemudian tambahkan hasilnya dengan 2!”

Tono : “Udah, masih ada lagi?”

Dina : “Kurangkan hasil yang terakhir tadi dengan 13, kalo sudah kakak sekarang bisa menebak hasilnya…” tantang Dina.

Tono : “Udah kak, coba berapa hasilnya?” tanya Tono penasaran.

Dina : “Jawabannya 7 kan?” yakin Dina.

Tono : “Iya kak bener banget, kok bisa?” penasaran Tono dibuatnya.

Dina : “Bisa dunk, ayo sekarang kerjakan dulu PRnya nanti kakak kasih tahu caranya”.

Tono : “Beneran lho kak, nanti Tono diajarin, penasaran nih…..”

Dari percakapan tadi, ternyata angka-angka yang terdapat pada sebuah jam bisa digunakan sebagai permainan. Angka-angka yang terdapat di sebuah jam bila dikurangkan dengan angka dihadapannya ternyata selalu menghasilkan bilangan yang selalu sama, yaitu 6. Dari hasil 6 tersebut, jika dimanipulasikan dengan berbagai macam operasi hitung pada matematika maka akan bisa membuat rekan anda terheran-heran terhadap kemampuan anda, seakan mempunyai kemampuan untuk menebak.

Misalkan tadi Tono memikirkan angka 8, maka angka yang ada di seberangnya adalah 2 (bisa juga 14). Maka angka yang besar dikurangi angka yang lebih kecil adalah 8 – 2, hasilnya 6. Hasil 6 tersebut kemudian dikalikan dengan 3, yaitu 6×3=18, dan ditambah dengan 2, 18+2=20. Terakhir,20-13=7. Angka 7 inilah yang kita tebak hasilnya. Sederhana bukan?

Operasi hitung di atas masih sangat sederhana, silakan dikembangkan sendiri menurut kreatifitas anda sehingga bisa digunakan sebagai sebuah permainan matematika yang menarik. Terimakasih, mohon maaf bila ada kesalahan.

Tulisan yang mungkin berkaitan

Sudah ada 2 Komentar. Ingin menambahkan?

Tinggalkan balasan.

Nama *
Surel/E-mail *
Situs Web
3 + 9 = ? *

Kategori: Matematika Asyik , Permainan | Ditandai: